DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MEMASANG TALI SEPATU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SHOES BOARD ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SDN SEMANGAT DALAM 2 BARITO KUALA
PENGARANG:SRI NOVIANTI RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-03


Sri Novianti Rahma, A1F115034, 2019. Meningkatkan kemampuan Bina Diri Memasang Tali Sepatu Dengan Menggunakan Media Shoes Board Anak Tunagrahita Ringan Kelas III SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1: Dr. Chairil Faif Pasani M.Psi dan Pembimbing II: Eviani Damastuti, M.Pd.

Masalah yang sering ditemui anak tunagrahita ialah kurangnya  bina diri dalam kehidupan sehari-hari dengan benar serta kurangnya ingatan anak. Bina diri tersebut sangat penting untuk menunjang diri dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya bina diri pada anak tunagrahita ringan jelas merupakan masalah utama. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bina diri memasang tali sepatu dengan menggunakan media shoes board di SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR menggunakan desain A1-B1-A2. Subyek dalam penelitian ini merupakan anak tunagrahita ringan kelas 3 SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala. Teknik pengumpulan data observasi secara langsung dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media shoes board dapat meningkatkan bina diri memasang tali sepatu anak tunagrahita ringan pada tahap A1 50,75%, mean level B 81,33% dan mean level A2 98,75%. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat adanya pengaruh positif media shoes board terhadap bina diri memasang tali sepatu anak tunagrahita ringan di SDN Semangat Dalam 2 Barito Kuala.

Kata Kunci: Anak tunagrahita ringan, bina diri memasang tali sepatu, media shoes board

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI