DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKASI KELOMPOK RELAWAN KANKER KALSEL SEBAGAI UPAYA MEMOTIVASI KESEMBUHAN PASIEN DI RUMAH SINGGAH ANAK KANKER BANJARMASIN
PENGARANG:ANANDA DENIA YANUARLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-04


ABSTRAK

 

Ananda Denia Yanuarli D1C113075.  Komunikasi Kelompok Relawan Kanker Kalsel Sebagai Upaya Memotivasi Kesembuhan Pasien Di Rumah Singgah Anak Kanker Banjarmasin, dibawah bimbingan oleh Ibu Sri Astuty dan Ibu Atika.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kelompok yang diberikan relawan kanker dalam memotivasi penderita kanker dan mengetahui kendala yang dialami relawan kanker dalam memberikan motivasi pada penderita kanker.

 

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi kelompok yang terjalin antara Relawan Kanker Kalsel dan Pasien anak di Rumah Singgah Anak Kanker Banjarmasin terbagi dalam empat fase, yaitu fase orientasi, fase konflik, fase timbulnya sikap sikap baru, dan fase dukungan, yang didalamnya terdapat lima kualitas umum efektivitas komunikasi antarpribadi yaitu keterbukaan, empati, sikap positif, sikap dukungan, dan kesetaraan, dengan satu tujuan yang sama yaitu untuk memotivasi kesembuhan pasien anak di Rumah Singgah Anak Kanker Banjarmasin. Faktor penghambat yang terjadi adalah kurangnya Relawan yang datang untuk berkunjung dan masih ada beberapa anak yang malu untuk beradaptasi.

 

Kata Kunci : Komunikasi Kelompok, Relawan Kanker Kalsel

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI