DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH TOPIK KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI
PENGARANG:Agus Jarod Widodo
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-04


Kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah karena belum ada perangkat pembelajaran yang mendukung untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran fisika model pengajaran langsung dengan metode pemecahan masalah pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan (1) validitas perangkat pembelajaran fisika, (2) kepraktisan perangkat pembelajaran fisika, dan (3) efektivitas perangkat pembelajaran fisika. Data diperoleh dari lembar validasi perangkat pembelajaran fisika, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar. Desain pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Subjek uji coba penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas XI MIA-1 SMAN 9 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan penilaian pakar, (2) perangkat pembelajaran praktis berdasarkan keterlaksanaan RPP dengan kategori baik, (3) perangkat pembelajaran efektif berdasarkan hasil belajar dengan kategori sedang, dan (4) pencapaian kemampuan pemecahan masalah berdasarkan perolehan skor pada THB dengan kategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan metode pemecahan masalah pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci:Pemecahan masalah, pengajaran langsung, perangkat pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI