DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENCIPTA PEMBUAT GAME ONLINE YANG DI TIRU OLEH ORANG LAIN TANPA IZIN
PENGARANG:AINI ALFIANNOR SITANGGANG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-04


PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENCIPTA PEMBUAT GAME ONLINE YANG DI TIRU OLEH ORANG LAIN TANPA IZIN

 

AINI ALFIANNOR SITANGGANG

 

ABSTRAK

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah Untuk mengetahui suatu sistem game di sistem permainan termasuk hak kekayaan intelektual, dan mengetahui perlindungan terhadap terhadap pencipta sistem permainan di dalam game, pencurian hak cipta bisa sangat merugikan dikarenakan kurangnya pengawasan dari pihak yang berwenang secara umum hak cipta  dapat dipahami sebagai hak yang dimiliki seorang individu atas hasil karyanya termasuk untuk menikmati konsekuensi secara materiil dan/atau non-materiil atas karya tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif, yang dilakukan dengan cara meneliti dan menggunakan bahan hukum yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier yang didapat dari penelitian kepustakaan (library research).

Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama,permainan video dan program computer di lindungi oleh undang-undang oleh karena permainan video dan program komputer itu adalah sebuah karya yang dibuat namun sistem yang ada di dalam permainan tidak ada dijelaskan dalam Undang-Undang 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, apakah sebuah sistem dalam permainan video game termasuk disain yang tergabung dalam sebuah aplikasi permainan. Salah satu wujud karya seseorang adalah kegiatan menciptakan, menemukan, atau mengolah sesuatu dengan menggunakan keahlian, keterampilan, dan alat bantu tertentu, sehingga terjadi produk baru. Kedua, Khusus terhadap Game juga dikategorikan sebagai seni karena Pada amatan sekilas, permainan video dapat dibaca sebagai seni rupa. Tentu saja, karena hal itu memuat seluruh elemen yang menyusun pengertian seni rupa, yakni seni yang dicirikan oleh visualitasnya. Namun permainan video tidak hanya bertopang pada citra visual, tetapi juga pada citra auditif. Dalam arti itu, permainan video bisa dibaca juga sebagai seni musik.

Kata kunci : perlindungan hukum, pencipta, game online.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI