DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MELATIHKAN PENGETAHUAN DEKLARATIF DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK
PENGARANG:MUHAMMAD RUUM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-05


 

 

Pengetahuan deklaratif dan keterampilan pemecahan masalah SMAN 1 Mekarsari tergolong rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan untuk melatihkan pengetahuan deklaratif dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) validitas perangkat; (2) kepraktisan perangkat; (3) efektivitas perangkat; (4) pencapaian pengetahuan deklaratif; (5) pencapaian keterampilan pemecahan masalah. Desain penelitan dan pengembangan menggunakan model Dick & Carey. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas XII MIA SMAN 1 Mekarsari. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar pengamatan RPP, tes hasil belajar, lembar keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas perangkat memperoleh nilai sebesar 3,6 dengan kategori sangat valid; (2) kepraktisan perangkat memperoleh nilai sebesar 3,7 dengan kategori sangat praktis; (3) efektivitas perangkat memperoleh nilai sebesar 0,44 dengan kategori sedang; (4) pencapaian pengetahuan deklaratif memperoleh nilai sebesar 82 dengan kategori sangat baik; (5) pencapaian keterampilan pemecahan masalah memperoleh nilai sebesar 58 dengan kategori cukup terampil. Kelemahan penelitan ini adalah hanya beberapa soal saja yang dapat dikerjakan pada LKPD & mempresentasikan prinsip kerja rangkaian penala tidak terlaksana. Diperoleh simpulan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

 

 

 

Kata kunci: keterampilan pemecahan masalah, pengajaran langsung, pengetahuan deklaratif, perangkat pembelajaran

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI