DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PROGRAM PEMBIASAAN KEAGAMAAN, DAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP IKLIM KERJA DI MADRASAH TSANAWIYAH SE KOTA BANJARBARU
PENGARANG:SATIVA PERDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-06


Perdana, Sativa. 2019.Pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Program Pembiasaan Keagamaan dan Pendidikan Karakter terhadap Iklim Kerja di Madrasah Tsanawiyah se Kota Banjarbaru. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D, (2) Dr. Ngadimun, MM.

 

Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Program Pembiasaan Keagamaan, Pendidikan Karakter, Iklim Kerja.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gambaran Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Program Pembiasaan Keagamaan, Pendidikan Karakter, dan Iklim Kerja di Madrasah Tsanawiyah se-Kota Banjarbaru (2) pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Iklim Kerja, (3) pengaruh Program Pembiasaan Keagamaan terhadap Iklim Kerja, (4) pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Iklim Kerja, (5) pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Program Pembiasaan Keagamaan, (6) pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Pendidikan Karakter, (7) pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Iklim Kerja melalui Program Pembiasaan Keagamaan, (8) pengaruh Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Iklim Kerja melalui Pendidikan Karakter.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional menggunakan analisis jalur. Sampel penelitian sebanyak 173 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan teknik regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Program Pembiasaan Keagamaan, Pendidikan Karakter dan Iklim Kerja  di Madrasah Tsanawiyah se-Kota Banjarbaru berada pada klasifikasi tinggi. (2) Terdapat pengaruh langsung Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Iklim Kerja. (3) Terdapat pengaruh langsung Program Pembiasaan Keagamaan terhadap Iklim Kerja. (4) Terdapat pengaruh langsung Pendidikan Karakter terhadap Iklim Kerja, (5) Terdapat pengaruh langsung Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Program Pembiasaan Keagamaan, (6) Terdapat pengaruh langsung Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Pendidikan Karakter, (7) Terdapat pengaruh tidak langsung Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Iklim Kerja melalui program Pembiasaan Keagamaan, (8) Terdapat pengaruh  tidak langsung Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Iklim Kerja melalui Pendidikan Karakter.

 

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari peran kepemimpinan kepala sekolah, program pembiasaan keagamaan, pendidikan karakter terhadap iklim kerja di MTs se-Kota Banjarbaru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI