DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF DALAM MEMBILANG ANGKA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, TAKE AND GIVE MELALUI MEDIA BAHAN ALAM, BUAH-BUAHAN DAN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA KELOMPOK A3 TK TARBIYATUL ATHFAL IAIN ANTASARI BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMAD ROBBY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-06


 

Robby, Muhamad. 2019. Pengembangan Kemampuan Kognitif Dalam Membilang Angka menggunakan Kombinasi Model Make a Match, Take and Give melalui Media Bahan Alam, Buah-Buahan, dan Kartu Angka Bergambar pada Kelompok A3 TK Tarbiyatul Athfal IAIN Antasari Banjarmasin, Tesis, Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd (2) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci :Kognitif, Membilang Angka, Make a Match, Take and Give, Bahan alam, Kartu Angka Bergambar

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas anak, dan mengevaluasikemampuan kognitif anak dalam membilang angka dalam pengembangan kemampuan kognitif menggunakan kombinasi model make a match, take and give melalui media bahan alam, buah-buahan dan kartu angka bergambar.

Penelitian inimengunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II sebanyak 1 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A3 TK Tarbiyatul Athfal IAIN Antasari Banjarmasin dengan jumlah siswa 18 orang.Pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Aktivitas guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif sudah terlaksana sesuai langkah-langkah dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas anak dalam kegiatan pembelajaran mengembangkan kemampuan kognitif dengan memperoleh kriteria sangat aktif. (3) Perkembangan kognitif anak dalam membilang angka mengalami perkembangan sudahmencapai kriteriaberkembang sangat baik ???? (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru agar menjadi acuan dalam merencanakan program pembelajaran, kepala sekolah memberikan bimbingan dan memberikan masukan kepada guruagar meningkatkan semangat mengajar dan kemampuan profesionalnya. Disarankan kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian yang lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI