DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN FUZZY TIME SERIES UNTUK MELAKUKAN PREDIKSI JUMLAH SAMPAH (Studi Kasus TPA Cahaya Kencana Kabupaten Banjar Martapura)
PENGARANG:MUSLIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-07


ABSTRAK

 

PENERAPAN FUZZY TIME SERIESUNTUK MELAKUKAN PREDIKSIJUMLAH SAMPAH(Oleh: Muslim; Pembimbing: Oni Soesanto, S.Si., M.S dan Dwi Kartini, S.Kom, M.Kom; 2019; 60 halaman)

 

Secara umum masyarakat mengenal sampah sebagai sesuatu benda yang dihasilkan dari berbagai benda yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi oleh manusia.Untuk membantu mengontrol degradasi dan luapan Volume Sampah yang berlebihan, maka perlu dilakukan prediksi Volume Sampah agar dapat mempermudah pihak TPA dalam melakukan pengontrolan tinggi Volume Sampah. Sampah TPA dipengaruhi oleh satu  faktor, yakni volume sampah harian. Pada penelitian ini, dilakukan prediksiSampah dengan menggunakan metode Fuzzy Time Series. Penelitian ini menggunakan data harian Sampah, dimana Volume Sampah menjadi faktor utama. Fuzzy Time Series merupakan salah satu yang dapat digunakan untuk melakukan peramalan dengan menggunakan data kurun waktu. Berdasarkan penelitian ini, didapatkan bahwa prediksi Sampah dengan menggunakan metode Fuzzy Time Series memiliki nilai MAPE yang rendah, dimana nilai MAPE terbaik didapat pada saat pengujian dengan menggunakan rentang waktu 24 bulan dengan nilai MAPE adalah 7,24% dibandingkan percobaan rentang waktu yang lain dan untuk pengujian untuk tahun 2017 dengan menggunakan 365 data dengan nilai MAPE adalah 2,3% dengan mengikuti pola percobaan 24 bulan. Pada metode fuzzy time series, didapatkan bahwa banyaknya data dan variatif data membantu meningkatkan keakuratan prediksi.

Kata Kunci : Time Series, TPA, Limbah Sampah, Fuzzy Time Series.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI