DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTER WARGA NEGARA YANG BAIK DI MADRASAH ALIYAH (MA) DARUSSALAM BARAMBAI
PENGARANG:MUHAMMAD HABIBURRAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-10


Muhammad Habiburrahman, 2019, Persepsi Sisawa Terhadap Karakter Warga Negara yang Baik di MA Darussalam Barambai. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. H. Sarbaini, M. Pd, (II) Rabiatul Adawiyah, M. Si.

Kata Kunci: Persepsi, Karakter, Warga Negara yang Baik.

            Selama ini persepsi siswa tentang karakter warga negara yang baik tersebut masih bermacam-macam pandangan siswa masih kurang baik dalam berpandangan tentang karakter warga Negara yang baik serta memahami tentang pentingnya menjadi warga negara yang baik sehingga perilaku siswa sehari-hari tidak mencerminkan karakter warga negara yang baik. Permasalahan inilah tercermin dari cara siswa bertindak sehari-hari di sekolah dan akan berakibat buruk pada diri mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang: Persepsi Siswa Terhadap Karakter Waraga Negara yang baik di MA Darussalam Barambai.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik penentuan sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa tentang karakter warga negara yang baik tersebut berhubungan denagan cara mereka memahami bahwa perilaku waraga negara yang baik harus sesuai dengan yang mereka ucapkan dengan perilaku mereka sehari-hari. Mereka juga berpersepsi bahwa menjadi oarang yang mampu menerepkan karakter warga negara yang baik tersebut tidaklah membuat mereka menjadi orang yang baik dan meninggikan nilai pelajaran di sekolah

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar pihak sekolah guru, orang tua, lebih memberikan contoh perilaku-perilaku teladan yang baik agar siswa dapat menerapkan 18 karakter warga negara yang baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI