DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RENDEMEN DAN PRODUKTIVITAS BARECORE DARI LIMBAH EMPELUR KAYU MERANTI (Shorea sp.) DI PT. SURYA SATRYA TIMUR, KOTA BANJARMASIN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SHEILA LANDUS FITRIANA NAPITUPULU
PENERBIT:FAK.KEHUTANAN
TANGGAL:2018-01-29


Kebutuhan bahan baku kayu pada industri semakin tahun semakin bertambah. Usaha mengimbangi permintaan pasar maka dilakukan pemanfaatan limbah empelur kayu meranti (Shorea sp.) oleh PT. Surya Satrya Timur, Banjarmasin. Rendemen dan produktivitas sangat berkaitan dengan industri. Rendemen menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya pencapaian suatu produksi, sedangkan produktivitas menjadi pengukur pencapaian produksi dengan hasil yang diinginkan. Tujuan dari dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rendemen dan produktivitas barecore dari limbah empelur kayu meranti (Shorea sp.) di PT. Surya Satrya Timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dengan cara pengamatan langsung dan wawancara. Data primer dilaksanakan pada masing-masing unit kegiatan, sehingga dapat diketahui besarnya input, ouput dan limbah. Sedangkan data skunder merupakan lokasi penelitian dan instansi terkait untuk menunjang data penelitian. Rata-rata rendemen yang diperoleh sebesar 32.95 % dengan rendemen tertinggi pada ulangan ke satu sebesar 40.65 % dan rendemen terendah pada ulangan ke lima sebesar 26.18 %. Rendemen belum memiliki hasil yang maksimal karena rendemen yang dihasilkan kurang dari 50 %. Rata-rata produktivitas yang diperoleh sebesar 0.95 m3/jam dengan produktivitas terbesar pada ulangan ke tiga sebesar 1.66 m3/jam dan produktivitas terendah pada ulangan ke lima sebesar 0.34 m3/jam.
Penelitian selanjutnya disarankan melakukan penelitian lanjutan pada pengolahan barecore dari limbah empelur kayu meranti (Shorea sp.) di PT. Surya Satrya Timur mengenai pengaruh faktor-faktor lain seperti tata letak mesin dengan produktivitas, pengaruh karakteristik pekerja terhadap produktivitas dan perbandingan rendemen antara empelur meranti dengan empelur kayu lain.
Kata kunci : Rendemen, Produktivitas, Barecore, Kayu Meranti, Empelur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI