DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS DESAIN PROJECT IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KOGNITIF SISWA TENTANG PERMAINAN TRADISIONAL BANJAR ( STUDI EKSPERIMEN DESAIN POSTER PADA SISWA KELAS 4 DAN 5 SDN JEJANGKIT TIMUR )
PENGARANG:M. APRIYANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-11


ABSTRAK

M.Apriyanda, D1C115022,2020. Desain Project Iklan Layanan Masyarakat Dalam Peningkatan Kognitif Siswa Tentang Permainan Tradisional Banjar (Studi Eksperimen Desain Poster Pada Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Jejangkit Timur). Dibimbing oleh Lalita Hanief  dan Andika Sanjaya

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kognitif pada siswa, yang terdiri dari desain poster permainan tradisional (X) dalam upaya peningkatan kognitif (Y) SDN Jejangkit Timur dengan menggunakan media poster.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe penelitian eksperimen, desain kuasi – eksperimen bentuk dua kelompok pasca pengujian dengan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan kepada 50 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan data dianalisis menggunakan paired sampel t-test.

            Hasil pengujian hipotesis pada kelompok eksperimen, didapatkan hasil sig (2-tailed) (0,000) < (0,05) dengan derajat kepercayaan 95%. Nilai rata-rata kelompok eksperimen pada tahap pre-test adalah 9 dan pada tahap post-test adalah  22,59. Sedangkan pada kelompok kontrol mendapatkan rata – rata pada saat post-test dengan hasil lebih kecil yaitu hanya 7,25, jika dibandingkan dengan kelompok eksperimen yang mendapatkan hasil 22,59. Hasil dari pengujian hipotesis dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yaitu yaitu sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung 11.488 ≥ ttabel untuk (df) 22 yaitu 2.074.

            Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kognitif siswa kelompok eksperimen  mengenai permainan tradisional banjar setelah diberikan perlakuan melalui media poster iklan layanan masyarakat, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

 

 

 

Kata kunci: Eksperimen, Poster, Iklan Layanan Masyarakat,Permainan Tradisional Banjar, Kognitif Siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI