DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TOPIK FLUIDA DINAMIS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MULTIMODEL
PENGARANG:Afredha Nadya Ulfah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-11


Pembelajaran yang tidak berorientasi terhadap peserta didik memberi dampak pada rendahnya tingkat keterampilan proses sains siswa. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar fisika multimodel untuk melatih keterampilan proses sains siswa yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar ditinjau dari hasil belajar kognitif dan psikomotorik. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), materi ajar, dan Tes Hasil Belajar (THB). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Subjek penelitian adalah  kelas XI MIPA 2 SMAN 11 Banjarmasin sebanyak 20 peserta didik. Data diperoleh melalui lembar validasi, lembar pengamatan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  bahan ajar yang dikembangkan (1) valid berdasarkan penilaian validator dengan rerata skor 3,14 dan berkategori baik; (2) praktis berdasarkan keterlaksanaan RPP dengan rerata skor 3,74 dan berkategori sangat baik; (3) belum efektif berdasarkan gain score sebesar 0,29 dengan kategori rendah; (4) keterampilan proses sains secara observasi dalam kategori sangat baik dan gain score keterampilan proses sains sebesar 0,17 dalam kategori rendah. Diperoleh simpulan bahan ajar fisika multimodel belum layak untuk melatih keterampilan proses sains.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI