DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS INFILTRASI DI HUTAN KOTA PERKANTORAN GUBERNUR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MAEPADEAPATI CHITTA R.R.B.K
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-12


RINGKASAN

Analisis Infiltrasi di Hutan Kota Perkantoran Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si. sebagai pembimbing pertama dan Khairun Nisa S.Hut M.P. sebagai pembimbing kedua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat fisik tanah, menentukan besarnya laju infiltrasi, kapasitas infiltrasi dan volume infiltrasi di Miniatur Hutan Hujan Tropis Banjarbaru.

Objek dalam penelitian ini yaitu tanah dan air, dengan menganalisis sifat fisik tanah meliputi tekstur tanah, bulk density, partikel density, dan porositas tanah, kemudian menentukan laju infiltrasi, kapasitas infiltrasi, dan volume infiltrasi pada Miniatur Hutan Hujan Tropis Banjarbaru. Penggukuran infiltrasi dilakukan dengan menggunakan alat digital infiltrometer.

Hasil  uji  laboraturium  mengenai  tekstur  tanah  pada 4 blok tanam di Hutan Kota Miniatur Hutan Hujan Tropis Banjarbaru yaitu lempung berpasir dan lempung liat berpasir, sedangkan rata-rata nilai bulk density pada 4 blok tanam di Miniatur Hutan Hujan Tropis adalah sebesar 1,06 gr/cm3, 0,92 gr/cm3, 1,20 gr/cm3 dan 1,18 gr/cm3 dan porositasnya sebesar 46,16 %, 54,90 %, 45,19 % dan 46,50 %. Besarnya laju infiltrasi terbesar terdapat di Blok 4 dengan nilai 87,33 mm/jam dan laju infiltrasi terendah di Blok 3 dengan nilai 29,00 mm/jam. Kapasitas infiltrasi dan volume infiltrasi terbesar terdapat di Blok 4 yaitu 46,23 mm/jam dan 50,23 mm3, sedangkan kapasitas dan volume infiltrasi terendah di Blok 3 yaitu 12,82 mm/jam dan 9,48 mm3.

 

Kata kunci :  Infiltrasi,Hutan Kota,Sifat Fisik Tanah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI