DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran PKn di MAN 3 Banjarmasin
PENGARANG:ARIEF BUDI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-12


ABSTRAK

Arief Budi Rahman, 2019. PendekatanSaintifikDalam PembelajaranPKn di MAN 3 Banjarmasin. Skripsi Program StudiPendidikanPancasiladanKewarganegaran, JurusanIlmuPengetahuanSosial FKIP UniversitasLambungMangkurat.Pembimbing (I) Hj. Siti Fatimah, Pembimbing (II) H. Harpani Matnuh,.

 

Kata Kunci: Implementasi, Saintifik, PembelajaranPKn

 

Pendekatan saintifik bertujuan agar peserta didik secara aktif mengontruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi, atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulka data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta kendala dalam implementasi pendekatan saintifik di kelas XI MAN 3 Banjarmasin. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan penelitian kualitatif, dengan metode wawancara observasi non partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan Pembelajaran  (RPP) PKn melalui tahapan a) menganalisis Kompetensi Inti (KI 1 KI 2, KI 3, KI 4) dan Kompetensi Dasar (KD) serta Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). (2) menjabarkan Silabus menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan komponen KI, KD dan IPK, Matero, Metode, Media dan Sumber dan langkah pendekatan saintifik dengan 5 M. Adapun pelaksanaannya sudah menggunakan pendekatan saintifik dengan aspek 5 M (Mengamati, Menanya, Mengeksplorasi, Mengasosiasi dan mengomunikasi)., Adapun kendala-kendala dalam pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PKn di kelas XI MAN 3 yang dihadapi oleh guru adalah, Berdasarkan dari hasil data yang peneliti temukan di kelas XI MAN 3 Banjarmasin, bahwa kendala yang sangat dirasakan oleh guru pada pelaksanaan pembelajaran dikelas adalah dilihat dari beberapa faktor yaitu kesiapan peserta didik, kesungguhan dalam menjalankan tugas, tingkat pemahaman terhadap materi dan kualitas dari pertanyaan dan jawaban peserta didik

Saran untukpendidikanadalah agar dapatmelaksanakanpendekatansaintifikdenganlebih optimal lagi, serta guru harusmemberikaninovasidalampelaksanaanpembelajaran agar lebihmenarikbagipesertadidik, adapun saran untukpesertadidikadalahuntukselalubelajarlebihseriusdansemangatlagi dalam pembelajaran PKn.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI