DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN SOSIAL DI KELAS XII.IPS.3 SMAN 1 MANDASTANA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 | |
PENGARANG | : | JUNAIDI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-02-12 |
Kata Kunci: . Implementasi, Model, Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan Sosial Di Kelas XII.IPS-3 SMAN 1 Mandastana Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII.IPS-3 SMAN 1 Mandastana yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, soal tes, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan sosial siswa ditunjukkan dengan penilaian kognitif yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis prates sampai akhir siklus II ratarata skor kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa yaitu dari kegiatan prates ke siklus I persentasi yang diperoleh sebesar 26% menjadi 86%, terjadi peningkatan sebesar 60% siswa yang sudah tuntas, sedangkan indikator berpikir kritis tersebut antara lain indikator definisi dan klarifikasi masalah dari cukup menjadi baik yakni sebesar 62% menjadi 84%, kemudian indikator menilai informasi berdasarkan masalah kriteria penilaiannya meningkat dari cukup menjadi baik sebesar 66% menjadi 79%, dan indikator merancang solusi berdasarkan masalah kriteria penilaian meningkat dari cukup menjadi baik sebesar 68% menjadi 83%. KKM siswa yaitu 75 sedangkan persentasi minimal dari indikator keberhasilan penelitian ini minimal 70% dari seluruh siswa harus memenuhi KKM yang tergolong kedalam katagori sedang, berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kemapuan berfikir kritis siswa SMAN 1 Mandastana dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, mengalami peningkatan sebesar 88% siswa telah memenuhi KKM dari asfek indikator berfikir kritis yang termasuk dalam katagori sangat baik. sehingga proses pembelajaran menggunakan model tersebut berhasil.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI