DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMPENSASI TERHADAP KORBAN PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP OLEH PT. SENAMAS ENERGINDO MINERAL (STUDI KASUS DI DESA JAWETEN BARITO TIMUR)
PENGARANG:RIMA RIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-12


KOMPENSASI TERHADAP KORBAN PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP OLEH PT. SENAMAS ENERGINDO MINERAL (STUDI KASUS DI DESA JAWETEN BARITO TIMUR)

Rima Riati

Abstrak

Tujuan dari penelitian skripsi adalah Tujuan Penelitian adalah Untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap korban pencemaran dan perusakan lingkungan hidup di Indonesia selama ini. Kemudian Untuk mengetahui mekanisme kompensasi pencemaran lingkungan hidup dalam sistem kompensasi berlapis.

 

Menurut hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama, Mengenai bentuk perlindungan hukum lingkungan yang ada di Indonesia sudah memberikan kedudukan yang lebih dalam perlindungan hukum terhadap masyarakat atau korban pencemaran lingkungan hidup berdasarkan Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup telah memberikan penegakan hukum yang sudah berkembang dengan baik mengingat semua orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Kedua,Sistem kompensasi saat ini telah mengalami sistem yang baik dengan sistem kompensasi berlapis yang memuat alternatif pertanggungjawaban perdata dan asuransi pertanggungjawaban, asuransi kerugian lingkungan serta dana kompensasi dalam memberikan kepastian dan perlindungan hukum terutama korban pencemaran dan perusakan lingkungan hidup.

 

Kata Kunci : Kompensasi, pencemaran Lingkungan Hidup, Penegakan Hukum Lingkungan Hidup

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI