DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (STUDI MULTI SITUS DI TK GAMBAH LUAR SELATAN DAN TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1)
PENGARANG:MIFTI MUFIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-13


Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan sejak usia dini, karena sangat berpengaruh pada perkembangan yang akan datang. TK Gambah Luar Selatan adalah TK Inklusi dan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 adalah TK yang bekerjasama dengan IHF. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikenalkan dan ditanamkan, strategi pembelajaran karakter serta faktor dan kendala dalam pendidikan karakter di TK Gambah Luar Selatan dan TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1.

Pendekatan penelitian adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian multi situs dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa situs 1 mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai karakter beracuan pada 18 karakter dari kemendiknas dan situs 2 beracuan pada 9 pilar karakter IHF. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran karakter ialah pembiasaan, keteladanan, pengarahan, penugasan, dan pengkondisian lingkungan. Faktor pendukung dalam pendidikan karakter adalah dukungan orang tua, lingkungan sekolah dan sarana prasarana, pengetahuan dan keahlian pendidik, dan kerjasama dengan pihak luar. Kendala yang menjadi penghambat implementasi pendidikan karakter ialah orang tua yang kurang mendukung dan kondisi anak.

Disimpulkan bahwa pada situs 1 dan situs 2 menerapkan pendidikan karakter dengan strategi pembiasaan, keteladanan, pengarahan, penugasan, dan pengkondisian lingkungan dengan faktor pendukung dukungan orang tua, lingkungan sekolah dan sarana prasarana, pengetahuan dan keahlian pendidik, dan kerjasama dengan pihak luar dengan kendala orang tua yang kurang mendukung dan kondisi anak. Alangkah baiknya kalauseluruh pihak bekerjasama dalam implementasi pendidikan karakter agar implementasi pendidikan karakter dapat berjalan dengan optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI