DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENDA-BENDA DI SEKITARNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, TALKING STICK, PCTURE AND PICTURE, DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B2 TK TUNAS HARAPAN ALALAK BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | MASTANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-02-13 |
ABSTRAK
MASTANI 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Benda-benda di sekitarnya Menggunakan Kombinasi Model Make A Macth, Talking Stick, Picture And Picture, dan Metode Pemberian Tugas pada Anak kelompok B2 TK Tunas Harapan Alalak Barito Kuala”. Tesis S2 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc Pembimbing II: Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain S.Psi., M.Pd
Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Make A Match, Talking Stick, Picture And Picture, .Pemberian Tugas
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal benda-benda di sekitarnya.disebabkan oleh kurangnya ketertarikan, perhatian anak dalam pembelajaran, sering anak yang absen sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran. Apabila masalah ini tidak dipecahkan maka dampaknya anak mengalami kesulitan dalam aspek perkembangan kognitif. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan untuk menganalisis hasil capaian perkembangan kognitif anak dalam meneganl benda-benda di sekitarnya.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dirancang dalam 4 siklus. Satu siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini anak kelompok B2 TK Tunasa Harapan Alalak Barito Kuala yang berjumlah 16 orang yaitu 12 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Jenis data kuantitatif dan kualitatif. Cara pengumpulan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Kombinasi Model Make A Macth, Talking Stick, Picture And Picture, dan Metode Pemberian Tugas dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal benda-benda di sekitarnya, pada siklus I sampai siklus IV nilai skor aktivitas guru 28 - 32- 37 - dan 39 pada kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak yaitu pada siklus I sampai siklus IV 68% - 73% - 77,60% - dan 88% dengan kriteria Sangat aktif. Hasil capaian perkembangan anak dari siklus I sampai siklus IV adalah 50% - 63,% - 80% dan 85% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan.
Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru yang kesulitan dalam memilih model pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal benda-benda di sekitarnya, dapat menggunakan kombinasi model Model Make A Macth, Talking Stick, Picture And Picture, dan Metode Pemberian Tugas sebagai upaya untuk memotivasi aktivitas anak dalam belajar.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI