DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENDA-BENDA DI SEKITARNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, TALKING STICK, PCTURE AND PICTURE, DAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B2 TK TUNAS HARAPAN ALALAK BARITO KUALA
PENGARANG:MASTANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-13


ABSTRAK

 

 

MASTANI 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Benda-benda di sekitarnya Menggunakan Kombinasi Model Make A Macth, Talking Stick, Picture And Picture,  dan  Metode Pemberian Tugas pada Anak kelompok B2 TK Tunas Harapan Alalak  Barito Kuala”. Tesis S2 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc  Pembimbing II:  Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain S.Psi., M.Pd

 

Kata kunci : Kemampuan Kognitif, Make A Match, Talking Stick, Picture And Picture,               .Pemberian Tugas

 

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal benda-benda di sekitarnya.disebabkan oleh kurangnya ketertarikan, perhatian anak dalam pembelajaran, sering  anak yang absen sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran. Apabila masalah ini tidak dipecahkan maka dampaknya anak mengalami kesulitan dalam aspek perkembangan kognitif. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan untuk menganalisis  hasil capaian perkembangan kognitif anak dalam meneganl benda-benda di sekitarnya.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dirancang dalam 4 siklus. Satu siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini anak kelompok B2 TK Tunasa Harapan Alalak Barito Kuala yang berjumlah 16 orang yaitu 12 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Jenis data kuantitatif dan kualitatif. Cara pengumpulan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Kombinasi  Model Make A Macth, Talking Stick, Picture And Picture, dan Metode Pemberian Tugas   dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif  anak dalam mengenal benda-benda di sekitarnya,  pada siklus I sampai siklus IV nilai skor  aktivitas guru 28 - 32- 37 - dan 39  pada kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak yaitu pada siklus I sampai siklus IV 68% - 73% - 77,60% - dan 88% dengan kriteria Sangat aktif.  Hasil  capaian perkembangan   anak dari siklus I sampai siklus IV adalah 50% - 63,% - 80% dan 85% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan.      

Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru yang kesulitan dalam memilih model pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif  dalam mengenal benda-benda di sekitarnya, dapat menggunakan kombinasi model Model Make A Macth, Talking Stick, Picture And Picture, dan  Metode Pemberian Tugas  sebagai upaya untuk memotivasi aktivitas  anak dalam belajar.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI