DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMIKIRAN DAN NILAI-NILAI PERJUANGAN KH. IDHAM CHALID DALAM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
PENGARANG:EUIS GOFUROH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-19


Studi biografi atau studi tokoh merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif. Studi tokoh berbeda dengan studi lainnya. Di dalamnya melibatkan adanya aktor atau objek tunggal yang diteliti. Studi biografi digunakan banyak peneliti dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Namun masih sedikit penelitian yang membahas tentang tokoh KH. Idham Chalid khususnya yang mengupas sisi-sisi pemikiran dan perjuangannya dalam bidang pendidikan dan politik. Penelitian yang peneliti hadirkan berfokus pada pemikiran-pemikiran dan perjuangan KH. Idham Chalid dalam bidang pendidikan dan politik yang berhubungan dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS).

Objek dalam penelitian ini adalah pahlawan nasional ketiga dari Kalimantan Selatan KH. Idham Chalid yang terkenal peranannya sebagai seorang ulama, pendidikan dan politisi handal yang bisa bertahan di dua orde pemerintahan yang sangat berbeda. Metode yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah metode biografis dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menjelaskan tentang sejarah kehidupan dari tokoh KH. Idham Chalid dan berusaha menghubungkan antar pemikiran dan nilai-nilai perjuangannya dengan tujuan pendidikan IPS. Dengan mengumpulkan beberapa literature dan bahan documenter yang dikaji secara mendalam.

Penelitian ini berhasil mengkaji 10 nilai dari tujuan pendidika IPS yaitu : Pemikiran dan nilai-nilai perjuangan KH. Idham Chalid yang terintegrasi dalam tujuan  pendidikan IPS yang akan telah penulis pilih untuk di telaah adalah : (1) Religius, (2) Toleransi, (3) Disiplin, (4) Kerja keras, (5) Rasa ingin tahu, (6) Cinta Tanah Air, (7) Bersahabat/Komunikatif, (8) Cinta damai, (9) Gemar membaca, dan (10) Peduli Sosial.

 

 

Kata Kunci : biografi, pemikiran, nilai, IPS.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI