DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERIMAAN REMITANSI TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DI INDONESIA
PENGARANG:MISDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-14


Remitansi menjadi sumber keuangan eksternal bagi negara berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh remitansi terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia, serta  untuk mengetahui pengaruh dari variabel kontrol terhadap pengentasan kemiskinan  yaitu Pengangguran dan Produk Domestik Bruto.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, menggunakan data time series dari tahun 1999 hingga tahun 2018 yang diperoleh dari World Bank, Badan Pusat Statistik, Bank Indonesia dan BNP2TKI. Teknik Analisis data menggunakan Metode Regresi Linier Berganda (Multiple Linier Regression Method) dengan Metode Kuadrat Terkecil (Ordinary Least Square). 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Remitansi berpengaruh signifikan terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia sebesar 3,08 persen. Pengangguran berpengaruh positif signifikan terhadap pengentasan kemiskinan, dan Produk Domestik Bruto  tidak berpengaruh signifikan terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia. Masih rendahnya pengiriman remitansi yang masuk ke Indonesia disebabkan karena  rendahnya tingkat pendidikan yang dimiliki migran, rendahnya tingka upah, serta mahalnya biaya pengiriman remitansi melalui lembaga keuangan.

Kata Kunci : Remitansi, Kemiskinan, Indonesia, OLS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI