DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP PADA MATERI POKOK GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
PENGARANG:FAJAR KURNIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-15


ABSTRAK

Fajar, Kurnia. 2019. Pengembangan Perangkat  Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Pokok Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Tesis. Program Studi Magister Keguruan IPA, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Suryajaya, S.Si., M.Sc, Tech (II) Prof. Dr. Muhammad Zaini, M.Pd.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran IPA Fisika model inkuiri terbimbing pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Pengembangan perangkat dilakukan berdasarkan model penelitian pengembangan Tessmer sehingga menghasilkan proto-type yang diujikan hingga tahap uji lapangan. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Kelayakan perangkat pembelajaran dinyatakan dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan perangkat pembelajaran dapat ditentukan dari hasil validasi oleh pakar dan hasil uji coba perorangan. Kepraktisan ditentukan dari keterlaksanaan RPP serta  respon guru dan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran. Keefektifan ditentukan dari kemampuan peserta didik dalam melaksanakan LKPD, hasil belajar kognitif, aktivitas guru dan peserta didik, keterampilan sosial, perilaku berkarakter, dan keterampilan psikomotorik peserta didik. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan inidapat menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan baik.

 

Kata kunci: pengembangan perangkat, Pembelajaran IPA, Inkuiri Terbimbing, getaran, gelombang dan bunyi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI