DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk, dan Inflasi Terhadap Kemiskinan di Kota Banjarmasin Tahun 2007-2018
PENGARANG:ELLISA DEWI NORSITA FAHJARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-18


Ellisa Dewi Norsita Fahjarini (2020). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk, dan Inflasi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kota Banjarmasin Tahun 2009-2018. Pembimbing: Drs. Eny Fahraty, MP.

 

Penelitian ini dilakukan guna mengetahui: (1) Pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Kota Banjarmasin, (2) Jumlah Penduduk terhadap tingkat kemiskinan di Kota Banjarmasin, dan (3) Pengaruh inflasi terhadap tingkat kemiskinan di Kota Banjarmasin.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu menggunakan metode regresi linear berganda. Variabel yang digunakan yaitu tingkat kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, tingkat pengangguran terbuka, dan inflasi. Sedangkan data yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah menggunakan data time series. Dengan menggunakan data sekunder yaitu sumber data yang tidak langsung memberikan data pada pengumpul data seperti data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukkan variabel pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, dan inflasi secara bersama-sama mempengaruhi kemiskinan dan faktor pertumbuhan ekonomi secara dominan berpengaruh terhadap kemiskinan di Kota Banjarmasin tahun 2007-2018.

 

Kata Kunci: Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Jumlah Penduduk, dan Inflasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI