DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL KONSEP IPA TERPADU UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL
PENGARANG:RABIATUL ADAWIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-17


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan keefektifan modulKonsep IPA Terpadu hasil pengembangan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas VIII semester ganjil. Subjek penelitian adalahpeserta didik kelas VIIIMTs Al Azhar Barito Kuala. Penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020. Data kevalidan modul diperoleh melalui penilaian 3 orang pakar. Data kepraktisan modul pembelajaran meliputi penilaian keterlaksanaan modul dan respon peserta didik pada uji kelompok kecil. Data tentang keefektifan modul pembelajaran meliputi; 1) hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik, 2) hasil penilaian kognitif, 3) respon peserta didik terhadap kegiatan belajar dan praktikum pada uji lapangan. Data dikumpulkan melalui tes dan pengamatan serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA Terpadu yang dikembangkan tergolong valid pada semua aspek meliputi desain modul, format, materi, kebahasaan, penyajian, penunjang inovasi dan peningkatan mutu KBM. Modul juga dinyatakan praktis karena mudah digunakan oleh peserta didik. Hal ini didukung oleh;1) keterlaksanaan modul pada uji kelompok kecil memperoleh skor untuk modul 1 di dapat 91,67% dan modul 2 di dapat 94,44%, 2) peserta didik memberikan respons positif terhadap proses pembelajaran. Keefektifan modul IPA Terpadu juga telah terpenuhi, hal ini berdasarkan hasil temuan penelitian 1) rata-rata hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik pada uji kelompok kecil mencapai kategori baik (34), 2) keterampilan berpikir kritis peserta didik pada uji lapangan sekurang-kurangnya kategori baik (34), 3) hasil belajar kognitif peserta didik melalui uji lapangan termasuk kategori baik (80≤100%).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI