DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENENTUAN SEKTOR BASIS DAN STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR NON BASIS DI KABUPATEN BANJAR TAHUN 2010-2018
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY RIFANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-17


Muhammad Rizky Rifani (2019). Penentuan Sektor Basis dan Strategi Pengembangan Sektor Non Basis Di Kabupaten Banjar Tahun 2010-2018. Pembimbing Chairul Sa’roni, SE, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sektor basis yang dimiliki Kabupeten Banjar, dan (2) strategi pengembangan sektor non basis di Kabupaten Banjar.
Penelitian ini menggunakan alat analisis untuk mengetahui sektor basis melalui perhitungan Location quotient, Shift Share, Tipologi Klassen kemudian untuk strategi pengembangan melalui analisis SWOT. Dengan menggunakan data sekunder berupa produk domestik regional bruto menurut lapangan kerja atas harga konstan dan data primer yang diperoleh dari wawancara dengan 6 responden yang dianggap ahli atau mengetahui keadaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 sektor basis yakni sektor konstruksi, sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, sektor penyediaan akomodasi dan makan minum, dan sektor Informasi dan Komunikasi. Dan untuk sektor yang ingin dikembangkan adalah sektor pertanian, kehutanan dan perikanan yang menghasilan strategi yang paling sesuai keadaan adalah strategi S-O.

Kata kunci : Sektor basis, Strategi pengembangan sektor non basis, location quotient, Shift share, Tipologi Klassen, SWOT

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI