DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan antara Implementasi Full Day School dan Interaksi Sosial dengan Kecerdasan Emosional pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin
PENGARANG:M.FAISAL NIZAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-18


ABSTRAK

 

Nizar, M. Faisal. 2019. Hubungan antara Implementasi Full Day School dan Interaksi Sosial dengan Kecerdasan Emosional pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Bmbingan dan Konseling FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi., M.Pd (II) Muhammad Arsyad, M.Psi., Psikolog.

 

Kata Kunci : Implementasi Full Day School, Interaksi Sosial, Kecerdasan Emosional

 

Masa remaja merupakan suatu masa dimana ketegangan emosi meninggi, maka peserta didik memerlukan kecerdasan emosional yang baik untuk membuat dirinya percaya diri dan sukses dalam prestasi belajarnya disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara implementasi full day school dan interaksi sosialsecara bersama-sama dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah korelasional. Alat pengumpulan data yang digunakan ialah anget dengan teknik penarikan sampel cluster sampling. Teknik analisis data menggunakan uji correlation dan uji statistik F.

Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin, ditemukan bahwa adanya hubungan antara variabel X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y dari F hitung taraf signifikan26.479 dan karena probabilitas (0.000) jauh lebih kecil dari F tabel sebesar 0.05. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel implementasi full day school dan interaksi sosialmemiliki hubungan secara bersama-sama dengan variabel kecerdasan emosional sebesar 0,588 berdasarkan perhitungan menggunakan rumus korelasi product moment. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya hubungan antara implementasi full day school dan interaksi sosialsecara bersama-sama dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Banjarmasin dapat diterima, sedangkan H0ditolak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI