DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Eksplorasi Usaha Lokal Di Kota Barabai Sebagai Sumber Belajar Ekonomi Di SMA
PENGARANG:ZAITUN NOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-19


ABSTRAK

 

Zaitun Nor, 2019. Eksplorasi Usaha Lokal Di Kota Barabai Sebagai Sumber Belajar Ekonomi Di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas lambung Mangkurat ( di bawah bimbingan Prof. Dr. Rizali Hadi, MM sebagai pembimbing I dan Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd sebagai pembimbing II)

Kata Kunci: Usaha Lokal, Sumber Belajar, Pembelajaran Ekonomi

Kota Barabai merupakan ibu kota dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. Di kota Barabai terdapat usaha lokal yang mencirikan khas kota tersebut, yaitu terkenal dengan usaha kue “apam Barabai”nya. Usaha lokal dalam kota Barabai sebagai sumber belajar ekonomi di SMA. Usaha lokal merupakan kelompok usaha yang menggantungkan kelangsungan hidupnya kepada pasar setempat yang terbatas, serta relatif tersebar dari segi lokasi. Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar dari segi proses dan hasil belajar. Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data,verification. Dan pemeriksaan data dengan triangulasi.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa, dalam usaha lokal yang ada di kota Barabai terdapat ruang sebagai sumber belajar di mana dapat kita temukan beberapa sumber pembelajaran pada belajar ekonomi, yaitu tentang gambaran peran pelaku dalam kegiatan ekonomi yakni pada usaha penjualan kue apam. Juga adanya pemanfaatan dalam usaha lokal yang ada di kota Barabai sebagai sumber pembelajaran ekonomi untuk tingkat SMA, yang mana terdapat suatu kegiatan ekonomi yaitu terjadi transaksi antara penjual dan pembeli.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI