DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 MARTAPURA TIMUR
PENGARANG:MAULIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-21


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa, (2) gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, (4)gaya belajar terhadap minat belajar siswa, dan (5) gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Martapura Timur.

Jenis penelitian ini termasuk dalam pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Martapura Timur yang berjumlah 157 orang. Sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 143 orang. Distribusi jumlah sampel masing-masing tingkatan kelas ditentukan secara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang telah diuji validitasnya menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan reliabilitasnya menggunakan metode belah dua (split half). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan analisis jalur (path analysis), setelah dilakukan uji asumsi klasik yakni normalitas, homogenitas, multikolinearitas, dan autokorelasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh: (1) tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa, (2) gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) minat belajar terhadap prestasi belajar siswa, (4) gaya belajar terhadap minat belajar siswa, dan (5) gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Martapura Timur.

Beberapa saran yang  disampaikan kepada: (1) pihak sekolah, diharapkan sering melakukan sosialiasi kepada orang tua siswa, terkait pemahaman akan pentingnya memberikan pendampingan belajar dan selalu memberikan motivasi belajar kepada anak, sehingga minat belajar anak mereka lebih meningkat lagi, dan (2) guru, diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa di SMP Negeri 1 Martapura Timur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI