DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KOMPETENSI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 BANJARMASIN PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA
PENGARANG:FENINDA HERDI S PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-21


Telah dilakukan penelitian untuk mengimplementasi model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar dan kompetensi literasi sains pada materi klasifikasi materi dan perubahannya di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi materi dan perubahannya di SMP Negeri 1 Banjarmasin, (2) pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap kompetensi literasi sains peserta didik pada materi klasifikasi materi dan perubahannya di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang dan peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dilihat dari rata-rata nilai kelas pada hasil ulangan harian pada materi sebelumnya. Pengumpulan data sampel menggunakan tes soal pilihan ganda diawali sebelum dimulai penelitian dilakukan pre-test dan diakhir materi dilakukan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji analisis statistik desktiptif, uji prasyarat analisis, uji n-gain dan uji hipotesis statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan model inkuiri terbimbing dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar (2) penerapan model inkuiri terbimbingmempengaruhi peningkatan kompetensi literasi sains.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI