DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRODUKTIVITAS DAN RENDEMEN CUKA KAYU DAN ARANG AKASIA (Acacia mangium) DI KELOMPOK TANI HUTAN ALIMPUNG DESA TIWINGAN LAMA
PENGARANG:SETIANI RAHMA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-23


Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis produktivitas dan rendemen cuka kayu dan arang akasia di Kelompok Tani Hutan Alimpung desa Tiwingan Lama. Metode yang dipergunakan untuk mengetahui produktivitas adalah menghitung jumlah bahan baku dan waktu total, sedangkan untuk mengetahui rendemen yaitu menghitung jumlah bahan baku dan cuka atau arang yang dihasilkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata produktivitascuka kayu akasia adalah0,037 (kg/jam), produktivitas rata-rata arang akasia adalah 0,230 (kg/jam), rata-rata rendemenpembuatan cuka kayu akasia adalah 7,500% dan rata-rata rendemen arang akasia adalah46,089%.Sehingga produktivitas akasia setelah dijadikan cuka kayu dan arang sebesar 0,267 (kg/jam) dan rendemen akasia sebesar 53,589%.  Maka limbah yang dihasilkan dari pembuatan cuka kayu dan pengolahan arang sebesar 46,411%. Produktivitas dan rendemen dipengaruhi oleh alat, bahan baku dan pekerja.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI