DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS HYPERMEDIA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
PENGARANG:MUHAMMAD NAZMI ZULFIANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-24


Kualitas pendidikan sangat menentukan kualitas suatu bangsa. Kualitas pendidikan sangat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran dan media pembelajaran adalah dua aspek penting yang dapat mempengaruhi kualitas proses pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ialah untuk menghasilkan serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis hypermedia pada pokok bahasan teorema phytagoras dengan metode pembelajaran berbasis masalah yang dapat digunakan sebagai media belajar. Dilakukannya penelitian pengembangan, mengacu pada lima tahapan model atau prosedur pengembangan ADDIE. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan beberapa teknologi seperti HTML yang digunakan untuk menulis teks konten, CSS yang berfungsi untuk mengatur halaman HTML sehingga lebih terstuktur, Javascript berfungsi agar konten yang terdapat dalam media pembelajaran yang dikembangkan menjadi lebih interaktif, Mathjax digunakan untuk menulis persamaan matematika, JSON digunakan sebagai database soal latihan, Flash yang digunakan untuk membuat animasi dan actionscript 2.0 digunakan untuk membuat animasi interaktif. Penelitian ini memiliki subjek antara lain validator ahli materi, validator ahli media, guru dan peserta didik kelas VIII D di SMPN 4 Alalak, Barito kuala. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran yang sudah dikembangkan mendapat penilaian 82.81% dari ahli materi dan masuk katagori sangat layak, 80% dari ahli media dan masuk katagori layak. Selain itu, media pembelajaran ini mendapat respon dengan katagori sangat baik dari guru dan peserta didik karena mendapatkan persentase sebesar 89% dan 89.17%. Dari hasil data yang didapat, media pembelajaran yang sudah dibuat dapat dinyatakan layak dan sangat baik digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI