DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MENJAGA KEBERSIHAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 BANJARMASIN
PENGARANG:DESY AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-24


ABSTRAK

Desy Aulia. 2019. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Perilaku Menjaga Kebersihan Sekolah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi M.Pd., (II) Dr. Nina Permatasari S.Psi M.Pd

Kata Kunci: Perilaku Menjaga Kebersihan Sekolah, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management

Siswa memerlukan lingkungan yang bersih agar proses belajar dan pembelajaran berjalan secara kondusif. Siswa SMP Negeri 25 Banjarmasin memiliki masalah dalam menjaga kebersihan sekolah sehingga diperlukan selfmanagement untuk menjaga kebersihan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan perilaku menjaga kebersihan sekolah pada siswa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatakan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian pre-experimental design dengan bentuk intact-group comparison. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Banjarmasinyang berjumlah 123 orang dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Penelitian ini memiliki sampel berjumlah 16 orang. Sampel diambil berdasarkan hasil angket perilaku menjaga kebersihan sekolah dengan kategori rendah.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diperoleh thit 3,630> ttabel 2,144 Sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Dapat di simpulkan bahwa  hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bimbingan Kelompok dengan teknik Self Management efektif meningkatkan perilaku menjaga kebersihan sekolah.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI