DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI KOMBINASI MODEL INKUIRI DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN PEKAPURAN RAYA 2 KOTA BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MIS VEAMENA ARIYATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-02-24 |
ABSTRAKSI
Mis VeamenaAriyati,2019.MeningkatkanHasilBelajar IPAMateriGaya MelaluiKombinasiModelInkuiridenganNumbered HeadsTogether (NHT) SiswaKelas V SDN PekapuranRaya2KotaBanjarmasin.Pembimbing: Prof. Drs.H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D
KataKunci:Inkuiri,NumberedHeadsTogether(NHT); HasilBelajar;Materi
Gaya
Siswakesulitan memahami materigaya,halinidikarenakansiswakurang aktifsecaramentalmaupunfisiksertatidakmaksimal terlibat langsungdalam proseskegiatanbelajar jugabelumdibiasakan melakukanpenyelidikanuntuk memperoleh berbagaipengalaman dalamrangka menemukan sendirikonsep- konsepyang direncanakanolehguru.Disamping itu pembelajaran cenderung hanyaberpusatpadagurutanpa mempertimbangkanbahan pelajaranyang diberikan sesuaiatau tidak dengan kesanggupan, kebutuhan,minat, dan tingkat perkembangan.
Tujuanpenelitianadalah mengetahuimengetahuiaktivitasguru melaksanakan proses pembelajaran, Aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan kombinasi model pembelajaran Inkuiri dengan Numbered HeadsTogether(NHT)..Settingpenelitianiniadalah kelasVSDNPekapuran Raya2KotaBanjarmasinjumlahsiswa26orang denganperincian10 siswalaki- laki,dan16 siswaperempuan.Penelitiandilaksanakan dalam2 siklusdan tiap siklus terdiridari2kalipertemuandansetiappertemuandilaksanakanobservasi danevaluasiterhadapaktivitasgurumelaksanakanproses pembelajaran,aktivitas siswa mengikutikegiatan pembelajaran, dan hasilbelajar siswa.
Metodeyang digunakandalampenelitianiniadalah PenelitianTindakan yaituPenelitian TindakanKelas(ClassroomAction Research)yaknisuatustudi sistematis terhadappraktekpembelajarandikelas dengantujuanuntuk memperbaikidanmeningkatkankualitas prosespembelajarandanhasilbelajar siswadengan melakukantindakan tertentu.
Hasilpenelitian dapatdisimpulkan bahwa:1) Penerapankombinasimodel pembelajaranInkuiridenganNumberedHeads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitasgurudalammelaksanakanpembelajaranIPA tentanggaya dikelasVSDNPekapuranRaya2KotaBanjarmasin.Haliniterbukti dari perolehan skor aktivitas guru dengan kualifikasi baik dan sangat baik. 2) Penerapankombinasi modelpembelajaranInkuiri denganNumberedHeads Together(NHT) dapat meningkatkan aktivitassiswa dalam pembelajaran IPA tentang gaya di kelas V SDN Pekapuran Raya 2 Kota Banjarmasin, Hal ini terbuktidariperolehanskoraktivitassiswadengankualifikasi sangataktif.3) Penerapankombinasi modelpembelajaranInkuiri denganNumberedHeads Together(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarIPA tentanggayadikelasV SDNPekapuranRaya2KotaBanjarmasin.Halini terbuktidariperolehannilai hasilbelajarsiswa melebihidariKKMyakni70.KooperatifTipe Jigsawdapat dijadikan sebagaimodelpembelajaran materikonsep energidan perubahannya.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI