DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI KOMBINASI MODEL INKUIRI DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SDN PEKAPURAN RAYA 2 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MIS VEAMENA ARIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-24


ABSTRAKSI

 

Mis VeamenaAriyati,2019.MeningkatkanHasilBelaja IPAMateriGaya MelaluiKombinasiModelInkuiridenganNumbered HeadsTogether (NHT) SiswaKelas V SDN PekapuranRaya2KotaBanjarmasin.Pembimbing: Prof. Drs.H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D

 

KataKunci:Inkuiri,NumberedHeadsTogether(NHT) HasilBelajar;Materi

Gaya

 

Siswakesulitan memahami materigaya,halinidikarenakansiswakurang aktifsecaramentalmaupunfisiksertatidakmaksimal terlibat langsungdalam proseskegiatanbelajar jugabelumdibiasakan melakukanpenyelidikanuntuk memperoleh berbagaipengalaman dalamrangka menemukan sendirikonsep- konsepyang direncanakanolehguru.Disamping itu pembelajaran cenderung hanyaberpusatpadagurutanpa mempertimbangkanbahan pelajaranyang diberikan sesuaiatau tidak dengan kesanggupan, kebutuhan,minat, dan tingkat perkembangan.

 

Tujuanpenelitianadalah mengetahuimengetahuiaktivitasguru melaksanakan  prosepembelajaran,  Aktivitasiswa  dan  hasil  belajar  siswa melalui  penerapan  kombinasi  model  pembelajaran  Inkuiri  dengan  Numbered HeadsTogether(NHT)..Settingpenelitianiniadalah kelasVSDNPekapuran Raya2KotaBanjarmasinjumlahsiswa26orang denganperincian10 siswalaki- laki,dan16 siswaperempuan.Penelitiandilaksanakan dalam2 siklusdan tiap siklus terdiridari2kalipertemuandansetiappertemuandilaksanakanobservasi danevaluasiterhadapaktivitasgurumelaksanakanproses pembelajaran,aktivitas siswa mengikutikegiatan pembelajaran, dan hasilbelajar siswa.

 

Metodeyang digunakandalampenelitianiniadalah PenelitianTindakan yaituPenelitian TindakanKelas(ClassroomAction Research)yaknisuatustudi sistematis terhadappraktekpembelajarandikelas dengantujuanuntuk memperbaikidanmeningkatkankualitas prosespembelajarandanhasilbelajar siswadengan melakukantindakan tertentu.

 

Hasilpenelitian dapatdisimpulkan bahwa:1) Penerapankombinasimodel pembelajaranInkuiridenganNumberedHeads Together (NHT)    dapat meningkatkan aktivitasgurudalammelaksanakanpembelajaranIPA tentanggaya dikelasVSDNPekapuranRaya2KotaBanjarmasin.Haliniterbukti dari perolehan  skor  aktivitaguru  dengan  kualifikasi  baik  dan  sangat  baik.  2) Penerapankombinasi modelpembelajaranInkuiri denganNumberedHeads Together(NHT)  dapat  meningkatkan  aktivitassiswa  dalam  pembelajaraIPA tentang  gaya  di  kelas  V  SDN  Pekapuran  Raya  2  Kota  Banjarmasin,  Hal  ini terbuktidariperolehanskoraktivitassiswadengankualifikasi   sangataktif.3) Penerapankombinasi modelpembelajaranInkuiri denganNumberedHeads Together(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarIPA tentanggayadikelasV SDNPekapuranRaya2KotaBanjarmasin.Halini terbuktidariperolehannilai hasilbelajarsiswa melebihidariKKMyakni70.KooperatifTipe Jigsawdapat dijadikan sebagaimodelpembelajaran materikonsep energidan perubahannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI