DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK BERMAIN PADA MATERI PERMAINAN BOLA BESAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 LANDASAN ULIN TENGAH BANJARBARU
PENGARANG:AHMAD FAISAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-24


AHMAD FAISAL, NIM 1610122110002, 2019 , Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kelompok Bermain Pada Materi Permainan Bola Besar Peserta Didik Kelas III SDN 1 Landasan Ulin Tengah Banjarbaru . Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Mita Erliana (II) Ramadhan Arifin

Tujuan Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kelompok bermain agar dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola besar pada peserta didik kelas III SDN 1 Landasan Ulin Tengah Banjarbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu peneliti sebagai pengamat. Pengamatan pada saat waktu proses belajar mengajar berlangsung.

Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas III (tiga) di Sekolah Dasar Negeri 1 Landasan Uling Tengah Banjarbaru tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 peserta didik, yang terdiri dari 17 putra dan 10 putri.  Proses peningkatan kemampuan hasil belajar pada materi gerak manipulatif permainan bola besar dengan melakukan penekanan pada model pembelajaran kelompok bermain, mendapatkan hasil yang baik berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu sebesar 75.

Ditetapkan hasil melalui model pembelajaran kelompok bermain dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi gerak manipulatif permainan bola besar dengan rata-rata sebagai berikut :

Pengamatan pertemuan pertama adalah nilai rata – rata 70.1 jumlah peserta didik yang mencapai KKM 75 berjumlah 9 peserta didik dengan persentase 33.33% dan jumlah peserta didik tidak mencapai KKM berjumlah 18 peserta didik dengan persentase 66.67%. dan pada pertemuan kedua nilai rata – rata 85.5 jumlah peserta didik yang mencapai KKM 75 berjumlah 27 peserta didik dengan persentase 100% dan jumlah peserta didik yang tidak mencapai KKM berjumlah 0 peserta didik dengan persentase 0% sehingga penelitian ini dihentikan di pertemuan kedua (II).

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Gerak Manipulatif Permainan Bola Besar, Pembelajaran Kelompok Bermain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI