DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SHOFA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-24


ABSTRAK

Shofa Amalia. 2019. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Komunikasi Interpersonal Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X di SMAN 6 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd (II) Eklys Cheseda Makaria, M.Pd.

 

Kata kunci : Kepercayaan Diri, Komunikasi Interpersonal,Penyesuaian Diri.

 

            Kepercayaan diri yang rendah akan membuat seseorang sulit untuk melakukan komunikasi dengan orang lain sehingga akan kesulitan untuk melakukan penyesuaian diri di lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dan penyesuaian diri pada siswa kelas X di SMAN 6 Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasi dan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin yang berjumlah 150 orang. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini adalah angket menggunakan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teknik analisis data menggunakan kolerasi product moment, uji T dan uji F diperoleh bahwa terdapat hubungan antara X1,X2 dan Y yang menunjukkan bahwa F hitung>F tabel yaitu 0,974 > 0,159. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal memiliki hubungan secara bersamaan dengan penyesuaian diri. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya hubungan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpesonal dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X di SMA Negeri 6 Banjarmasin diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI