DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI KESESUAIAN MENGAJAR PENJAS DENGAN RPP YANG DI LAKSANAKAN DI SDN 2 GUNTUNG MANGGIS KOTA BANJARBARU TAHUN AJARAN 2018/2019
PENGARANG:FARID MAULIDINOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-25


 

ABSTRAK

 

Farid Maulidinoor. NIM A1D115005, 2019. Identifikasi KesesuaianMengajar Penjas Dengan Rpp Yang Di Laksanakan Di Sekolah Dasar Negri 2 Guntung Manggis Kota Banjarbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Maruful kahri, M.Pd. (II) Mita Erliana S.Pd, M.Or.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian antara mengajar pendidikan jasmani yang tertulis pada RPP dengan pelaksanaan di Sekolah Dasar Negri 2 Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru mata pelajaran pendidikan jasmani agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian Kombinasi mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negri 2 Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Negri 2 Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Kota Bnajarbaru.

Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa lembar pengamatan dengan tabel cheklist saat pelaksanaan di lapangan serta rekam vidio kegiatan pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani.Peneliti mengedentifikasi kesesuaian antara alur mengajar dengan tujuan pembelajaran yang di laksanakan di dalam kegiatan belajar mengajar di lapangan. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif yaitu menghitung jumlah data yang sesuai dengan isi RPP.

Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian yaitu dapat diketahui bahwa cara untuk menyesuaikan proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri 2 Guntung Manggis Tahun Ajaran 2018/2019 ialah dengan memahami benar Kompetensi Dasar apa yang terdapat di dalam RPP sebelum mengajarkannya kepada peserta didik.

Kata kunci: Identifikasi, Kegiatan Pembelajaran, Guru Pendidikan Jasmani.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI