DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) IPS SMP/MTs KABUPATEN TANAH LAUT PADA PENYUSUNAN SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PENGARANG:Rudiansyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-25


ABSTRAK

 

 

Rudiansyah, 2019. Peran Musyawarah Guru Matapelajaran (MGMP) SMP/ MTs Kabupaten Tanah Laut Pada Penyusunan  Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional.  Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd. (II) Dr. Deasy Arisanty, S.Si. M.Sc.

 

Kata Kunci: Peran, MGMP IPS, Tanah Laut.

 

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Tanah Laut diberi peran untuk menyusunan Soal USBN Tahun 2019. Masalah yang dihadapi,  adalah alokasi waktu yang diberikan hanya 36 hari. Tujuan penelitian mendeskripsikan Peran MGMP IPS  pada penyusunan soal USBN, menelaah dan   membuat butir soal USBN yang berorientasi HOTS. Metode  Penelitian menggunakan   Model Analisis Interaktif dari Miles dan Huberman dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian, MGMP IPS telah menyusun soal sesuai waktu yang ditentukan, telah menelaah soal USBN secara kualitatif dan kuantitatif serta telah membuat butir soal yang berorientasi HOTS.

Simpulan  penelitian    bahwa prosedur penyusunan soal USBN IPS Kabupaten Tanah Laut sudah memenuhi  Prosedur Operasional Standar tahun 2019. Penelaahan butir soal dengan analisis kualitatif juga sudah memenuhi  kaidah penulisan soal dari aspek materi, konstruksi dan bahasa, namun pada penelaahan butir soal secara kuntitatif ditemukan bahwa soal USBN  tidak diujicobakan terlebih dahulu, sehingga tingkat kesukaran, daya pengecoh, daya pembeda, validitas dan realibitas tes belum   diketahui. Butir Soal USBN IPS yang berorientasi HOTS sebanyak enam butir dengan level kognitif tiga, namun butir soal HOTS tersebut hanya di ranah kognitif C4 belum menyentuh C5 dan C6. Guru-guru yang tergabung di MGMP IPS Jenjang SMP/MTs masih perlu bimbingan dan latihan mendalam tentang Penilain HOTS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI