DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MAATERI TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA KERAJAAN HINDU BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION VARIASI DENGAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MADUREJO 2 KEC. SAMBUNG MAKMUR KAB.BANJAR
PENGARANG:HJ. JUMANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-26


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktvitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Madurejo 2 Kab.Banjarpada mata pelajaran IPS dengan menerapkan Direct Instructionvariasi dengan model kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan empat siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus IV mencapai skor 25 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus IV mencapai 83,68% kriteria aktif dan sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada akhir siklus IV mencapai 89,47%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi modelDirect Instructionvariasi dengan model kooperatif tipe Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi materiTokoh-tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu Budha dan Islam di Indonesia kelas V SDN Madurejo 2 Kabupaten Banjar dan hipotesis dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI