DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK DAN KONSEP PENATAAN PERMUKIMAN KUMUH TEPIAN SUNGAI DI KELURAHAN SUNGAI BILU KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SYAIFUL RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-26


Rahman, Syaiful. 2019. Identifikasi Karakteristik dan Konsep Penataan Permukiman Kumuh Tepian Sungai di Kelurahan Sungai Bilu Kota Banjarmasin. Tesis. PrograStudi Pengelolaan Sumberdaya Alam daLingkungan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : Dr. Ira Mentayani, S.T., M.T., Dr. Ir. Rusmilyansari, M.P., daProf. Dr. Ir. Emmy Sri Mahreda, M.P.

Kata kunci : Identifikasi Karakteristik, Konsep Penataan, Permukiman Kumuh, Tepian Sungai

Permukiman tepi sungai di Kota Banjarmasin merupakan permukiman dengan ciri khas budaya kehidupan sungai, namun pada kenyataannya berkembang secara tidak terkendali dan menjadikannya kawasan kumuh. Salah satu upaya peningkatan kualitas permukiman di kawasan tepi sungai yaitu dengan penataan bangunan lingkungan perkotaan kawasan kampung tradisional tepian air, di Kelurahan Sungai Bilu Kota Banjarmasin. Identifikasi karakteristik permukiman kumuh tepian sungai perlu dilakukan agar diketahui secara tepat aspek-aspek dan variabel apa yang mempengaruhi kekumuhan permukiman tepian sungai untuk kemudian dirumuskan konsep dan strategi penataannya.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kajian literatur, pengamatan lapangan/ observasi, wawancara, dan penyebaran kuisioner/angket. Teknik pemilihan sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu  menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, yang mana menggabungkan penelitian deskriptif dan prosentase statistik (angka). Untuk mendapatkan konsep penataan dilakukan analisis trianggulasi, yaitu dengan membandingkan antara tiga sumberperspektif teori yang relevan. Hasil penelitian akan diidentifikasi berdasarkan variabelnya, lalu disajikan dalam bentuk naratif, tabulasi/diagram, dan pemetaan, untuk kemudian dibuat strategi  rencana tindak dan konsep penataan disertai dengan ilustrasi desain penataan permukiman kumuh tepian sungai.

Hasil temuan didapatkan karakteristik permukiman kumuh tepian sungai dapat dilihat dari dua aspek fisik yaitu aspek kondisi hunian (fungsi dan bentuk massa bangunan hunian) dan aspek lingkungan (utilitas lingkungan, infrastuktur, ketersediaan fasilitas umum/sosial); serta aspek nonfisik  yaitu  status ekonomi rumah tangga, mata pencaharian penduduk, tingkat pendidikan, lama bermukim, interkasi dengan sungai, aspek legalitas lahan dan bangunan. Rumusan konsep untuk penataan kawasan permukiman kumuh tepian sungai di Kelurahan Sungai Bilu yaitu penataan pada aspek fungsi dan bentuk massa bangunan hunian, penataan infrastruktur lingkungan, penataan sistem utilitas lingkungan, penataan fasilitas umum dan fasilitas sosial, dan penataan pada aspek nonfisik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI