DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG OLAHRAGA (Studi pada Desa Sungai Lirik Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala Tahun 2018)
PENGARANG:MUHAMMAD AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-26


                                                   ABSTRAK


Muhammad Akbar, D1B115019, 2020, Efektivitas Penggunaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Bidang Olahraga (Studi pada Desa Sungai Lirik Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala tahun 2018). Dibawah bimbingan Suriansyah Umar sebagai pembimbing I dan Ellisa Vikalista sebagai pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat bidang olahraga studi pada Desa Sungai Lirik Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala 2018.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teori yang digunakan menurut Duncan dalam Richard M. Steers yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian informan penelitian yaitu Kepala Desa, Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan serta kelompok pemuda berjumlah 6 (enam) orang. Adapun teknik analisis data seperti yang dibangun oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas penggunaan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat bidang olahraga pada Desa Sungai Lirik Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala tahun 2018, dilihat dari pencapaian tujuan dan integrasi sudah efektif, di mana jumlah anggaran dengan jumlah realisasi dapat terserap habis serta program olahraga dayung ini sudah tepat sasaran. Kemudian pemerintah desa sudah menganggarkan akomodasi, transportasi dan sarana pendukung olahraga dayung. Adapun pencapaian sejauh ini sudah meraih peringkat di tingkat Kabupaten Barito Kuala. Sedangkan dari proses sosialisasi yang dilakukan pemerintah desa terhadap masyarakat sudah cukup baik saat Musrembang Desa dan pengumpulan kelompok pemuda, namun dari segi adaptasi kelompok pemuda masih kurang disiplin dalam menjalankan kegiatan olahraga dayung. Adapun faktor lain dari segi anggaran olahraga dayung masih sangat terbatas sehingga untuk mendatangkan pelatih masih terkendala serta pengembangan pemberdayaan masyarakat bidang olahraga ini masih tidak bisa dilakukan seperti pengadaan lahan berupa lapangan sebagai bentuk pendukung diberbagai kegiatan olahraga.

Berdasarkan hasil penelitian, Peneliti menyarankan kepada Kepala Desa Sungai Lirik agar lebih dikembangkan lagi kegiatan di bidang olahraga. Adapun upaya lain seperti mendatangkan pelatih serta lebih kreatif seperti mencari sponsor agar tidak hanya bergantung pada dana desa yang dianggarkan setiap tahun.

Kata Kunci : Efektivitas, Dana Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Olahraga Dayung, Desa Sungai Lirik

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI