DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN DANA DESA DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI PADA DESA TEWEH PUPUH KECAMATAN BENUA LIMA KABUPATEN BARITO TIMUR)
PENGARANG:Rini Agustina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-26


ABSTRAK

 

Rini Agustina 2018. Pemanfaatan Dana  Desa dalam upaya Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Desa Tewah Pupuh Kecamatan Benua Lima          Kabupaten Barito Timur). Tesis Program Studi Magister Sains Administrasi Pembangunan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I : Dr. Hary Supriadi, SH, MA, Pembimbing II : Dr. Mukhtar Sarman, M.Si.

 

Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Partisipasi dan Dana Desa

 

Dana Desa merupakan kebijakan pemerintah yang dimulai pada tahun 2015 dalam upaya menempatkan masyarakat desa sebagai pelaku pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahtraan masyarakat. Penggunaan Dana Desa diprioritaskan  80% (delapan puluh persen) untuk pembangunan dan 20% (dua puluh persen) untuk pemberdayaan masyarakat.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berorientasi pada upaya menggambarkan adanya hubungan antara variabel yang mempengaruhi munculnya fenomena. Alat analisis yag dugunakan dalam penelitian ini adalah CIPP (Context, Input, Process, Product).

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat tidak tepat sasaran. Kontribusi Dana Desa didominasi oleh belanja aparatur atau honorarium. Ditinjau dari aspek konteks, belum optimalnya kegiatan pengumpulan data terkait kebutuhan masyarakat. Dari aspek input menunjukan belum optimalnya pengidentifikasian strategi sehingga tujuan tidak tercapai. Dari aspek proses, rendahnya partisipasi dalam pengelolaan Dana Desa dan dari aspek produk, belum tercapainya tujuan dari pemanfaatan Dana Desa.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Organisasi Perangkat Daerah terkait kebijakan Dana Desa dapat melaksanakan pelatihan pengelolaan Dana Desa bagi kepala desa dan perangkat desa serta lembaga terkait di desa agar pemanfaatan Dana Desa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI