DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN MAKE A MATCH DI KELAS V SDN GUDANG HIRANG 2 KAB.BANJAR
PENGARANG:NORJANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-28


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gudang Hirang 2 Kab.Banjarpada mata pelajaran IPA dengan menerapkan kombinasi model pembelajaranGroup Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan IV mencapai skor 27 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan IV mencapai 87,05% kriteria aktif dan sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada akhir pertemuan IV mencapai 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT) dan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi penyajian data kelas V SDN Gudang Hirang 2 Kab. Banjar dan hipotesis dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI