DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK PROGRAM DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBLITY (CSR) PADA DEPARTMENT STORE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018.
PENGARANG:NURIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-28


ABSTRAKSI

 

Nuriati.(2019). Karakteristik Program dan Pengungkapan Corporate Social Responsiblity (CSR) pada Department Store yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018.Pembimbing : Dra. Rawintan E. Binti

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui karateristik program CSR pada beberapa department store yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018, dan (2) untuk mengetahui perkembangan pengungkapan CSR yang dilakukan oleh semua department store tersebut.

            Objek penelitian ini adalah perusahaan ritel yang memiliki department storeyaitu PT. Matahari Department Store, PT. Mitra Adiperkasa, PT. Ramayana Lestari Sentosa, dan PT. Rimo International Lestari Department Store. Penelitian ini  menggunakan  konten analisisberdasarkan peraturan Bapepam No 431 tahun 2012 yang terdiri dari 4 (empat) indikator dengan 16 (enam belas) aspek. Teori yang menjadi dasar penelitian ini yaitu teori legitimasi yang difokuskan pada interaksi perusahaan dan masyarakat.Data yang digunakan penelitian ini adalah data sekunder bersumber dari laporan tahunan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan  teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Semua department store tersebut mengungkapan indikator sosial khususnya aspek bantuan donasi yaitu bentuk interaksi dengan masyarakat sebagaimana dalam teori legitimasi  (2) Hanya PT. Matahari Department Store Tbk dan PT. Mitra Adiperkasa Tbk melaksanakan seluruh  (empat) kategori indikator  CSR, meskipun  belum memenuhi seluruh aspek yang ada dalam kategori semua indikator. (3) Aspek informasi produk diungkapkan karena seluruh department store tersebut mengadopsi online shopping. (4) Selain itu ada juga program CSR yang dilaksanakan bukan karena sukarela tapi karena melaksanakan  kewajiban berdasarkan Undang-undang Ketenagakerjaan dan Undang Undang Lingkungan Hidup. (5)  Laba semua perusahaan dalam penelitian ini berfluktuasi, meskipun demikian tidak ada yang rugi. (6) Perkembangan pengungkapan CSR pada seluruh department storemengalami peningkatan baik perusahaan yang menerapkan program CSR sejak 2014 maupun perusahaan yang baru mengungkapkan CSR pada tahun 2017.

Kata kunci:Corporate Social Responsiblity (CSR),Department Store, Karakteristik Program,Pengungkapan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI