DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS PEMASARAN PISANG TALAS DI KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN | |
PENGARANG | : | N ORHASANAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-03-03 |
Kabupaten Balangan merupakan Kabupaten penghasil pisang terbesar pertamadibandingkan kabupaten lainnya yaitu sebesar 243.715 kuintal. Produksi buah pisang di Kabupaten Balangan merupakan produksi buah paling besar dibandingkan buah lainnya. Jenis pisang yang banyak ditanam antara lain adalah pisang talas. Pisang talas adalah salah satu jenis pisang khas Kalimantan Selatan yang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan karena sangat disenangi oleh masyarakat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya, margin, keuntungan, farmer share, share harga, efisiensi pemasaran dan permasalahan yang dihadapi dalam peyaluran pisang talas dari produsen ke konsumen. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan secara langsung dari responden menggunakan kuesioner. Sedangkan data sekunder didapatkan dari Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan dan Dinas Pertanian Kabupaten Balangan. Dari hasil penelitian ini, Kecamatan Halong memiliki tiga saluran yang melibatkan petani, pengumpul, pengecer, pedagang besar. Dimana lembaga-lembaga tersebut mempunyai berbeda-beda fungsi pemasarannya. Dari penelitian ini biaya pemasaran tertinggi di antara III saluran adalah saluran IIIb yaitu sebesar Rp 6.222/kg, biaya terkecil terdapat di saluran I di Kecamatan Halong sebesar Rp 740/kg. Margin terbesar pada saluran I Rp 9.794/kg dan margin terkecil ada disaluranII Rp 1.040/kg. Keuntungan terbesar ada pada saluran tingkat I sebesar Rp 9.053/kg, keuntungan terkecil ada di saluran IIIb Rp 4.555/kg. adapun farmer share yang diterima petanitertinggiterdapat di saluran I sebesar 100%, terkecil pada saluran IIIa sebesar 23%. Shareyang didapatkan oleh lembaga pemasaran tertinggi ada pada saluran IIIa, yaitu ditingkat pedagang pengecer di Pasar Kalua sebesar 61%, terkecil ada di saluran IIIa yaitu ditingkat pedagang pengumpul sebesar 7%. Saluran pemasaran pisang talas paling efisiensi ekonomis terdapat di saluran I daerah pasar Halong karena nilai efisiensi ekonomisnya paling kecil dan efisiensi teknis terdapat pada saluran II, karena nilai efisiensi teknisnya lebih kecil.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI