DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN PEMBUATAN IZIN USAHA MIKRO DAN KECIL (IUMK) DI KANTOR KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NURUDDIN ASSHIDDIQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-03


ABSTRAK

Nuruddin Asshiddiqi, NIM D1A115231. Pelayanan Pembuatan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) di Kantor Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Penelitian dibimbing oleh Suriadi Sutiyo.

Antusias PUMK di Kecamatan Karang Intan yang lumayan tinggi untuk mendirikan Usaha Mikro dan Kecil yang mencakup perizinan dasar menempati lokasi/domisili, melakukan kegiatan usaha baik produksi maupun penjualan barang dan jasa.. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pelayanan Pembuatan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) di Kantor Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat Pelayanan Pembuatan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) di Kantor Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Penelitian ini pula menggunakan metode kualitatif dan tipe deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan publik yang dilakukan oleh pegawai Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Dalam Pembuatan IUMK telah terlaksana dengan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan terlaksananya dimensi kualitas pelayanan yang meliputi Tangiables, Reliability, Responsiveness dan Empathy yang terlaksana dengan cukup baik, namun pada dimensi Assurance peneliti menemukan tidak terdapat jaminan atau kepastian mengenai penyelesaian IUMK dari pihak Kantor Kecamatan Karang Intan.

Kata Kunci: Pelayanan, IUMK, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI