DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN ANAK RAWAT INAP DI RSUD DR DORIS SYLVANUS PALANGKA RAYA
PENGARANG:FRANSISKO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-04


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Faktor Pendukung dan Penghambat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kualitas pelayanan anak rawat inap dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kualitas pelayanan kesehatan anak di RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek/informan adalah sebanyak 3 orang Perawat RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya dan 11 orang Perawat Keluarga/Wali Pasien Anak.

Hasil penelitian dalam penelitian ini bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSUD dr. Doris Sylvanus  Palangka Raya yang ada di ruang flamboyant dapat dikatakan baik terhadap kepuasan pasiennya dilihat dari 3 karakteristik kualitas pelayanan menurut haywood-farmer di bawah ini : Physical Facilities And Processes (Fasilitas dan proses fisik) : seperti ranjang pasien layak pakai, ruangan pasien cukup memadai, ruangan mempunyai ac, toilet yang bersih, alur proses saat pasien datang berobat dilayani dengan baik, pengguna SKTM, BPJS dan UMUM. Proses penanganan pasien di UGD tergolong cepat tanggap, persyaratan pelayanan dipermudah dan biaya terjangkau. People’s Behaviour (Perilaku orang) : Pelayanan yang diberikan disiplin dan tepat waktu terkadang perawat dan dokter lebih awal datang kalaupun terlambat bisa diganti dengan pada saat hendak pulang lebih lambat sedikit, perawat berkomunikasi terhadap pasien sopan, ramah dan lebih kekeluargaan. Nada suara yang digunakan adalah nada datar dan tegas, penyelesaian masalah bila pasien masuk baik baru atau lama diperlakukan secara manusiawi, adil, jujur, tanpa diskriminasi. Professional Judgment (Penilaian profesional) : Mendiagnosa penyakit pasien telah disampaikan oleh dokter secara detail tanpa menambah atau mengurang penyakit pasien, dokter dan perawat di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya adalah tenaga kesehatan yang berkompeten dan berpengetahuan di bidangnya masing-masing dan mampu mengetahui penyakit pasien serta mengobati , perawat dan dokter selalu mengingatkan dan menasehati pasiennya dalam hal menjaga kesehatan dan makan yang sehat bergizi, menyampaikan keluhan pasien dengan jujur dan terbuka, dan  sangat perduli kepada pasien.

 

vii

 

            Sedangkan faktor penghambat kualitas pelayanan di RSUD dr. Doris Sylvanus menurut sebagian responden kurang paham atas penjelasan detail tentang diagnosa penyakit pasien. Hasil diagnosanya disampaikan dengan lisan, peralatan diagnostik kurang seperti thermometer, alat monitor dan SDM kurang. Sedangkan faktor  pendukung para dokter dapat dipercaya, memiliki pelatihan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI