DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DI KELURAHAN TELUK DALAM KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH Studi Kasus: KPM PKH dan Non PKH
PENGARANG:Candra Try Hartanto
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-04


 

Abstrak

 

 

 

 

 

CANDRA TRY HARTANTO, D1A114054, 2019 “Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah”, di bawah bimbingan Suriadi Sutiyo.

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah. Bantuan Pangan Non Tunai(BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan menggunakan mekanisme uang elektronik sebesar Rp 110.00 setiap bulan untuk membeliberas dan telurdi E-Warong yang telah bekerjasama dengan Bank Penyalur.

 

 

 

Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif, adapun subyek dalam penelitian ini adalah pelaksana program BPNT, E-Warong, Ketua RT dan KPM. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dikelola dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif.

 

 

 

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, komunikasi yang dilakukan antarapelaksana Program BPNT di Kelurahan Teluk Dalam sudah berjalan dengan baik, namun komunikasi dengan penerima bantuan belum berjalan dengan lancar karena masih ada warga yang belum memahami porgam ini, komunikasi dengan Bank Penyalur juga belum berjalan dengan lancar karena informasi saldo kosong terkadang tidak diterima pelaksana program di daerah. Sumber-sumber kebijakan yang tersedia mendukung pelaksanaan program ini. Kecenderungan pelaksana program yang mendukung program ini memberikan dampak yang baik. Struktur birokrasi juga tidak menghambat pelaksanaan program.

 

 

 

Adapun saran yang diberikan penulis, yaitu diharapakan adanya peningkatan koordinasi dari Bank Penyalur kepada pelaksana Program di daerah. Selain itu, warga yang belum memahami program diharapakan dapat dijangkau oleh pelaksana Program BPNT.

 

 

 

 

 

Kata Kunci: Implementasi, Program BPNT.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI