DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS
PENGARANG:Taufik Ramadhan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-05


 

Tujuan  penelitian ini ialah menghasilkan produk pengembangan bahan ajar materi fluida statis melalui model quantum teaching untuk melatih keterampilan proses sains siswa.Subjek untuk peneitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 12 Banjarmasin sebanyak 25 siswa. Belum adanya bahan ajar yang mencantumkan kaitan antara materi fluida statis menggunakan model pembelajaran quantum teaching untuk melatihkan keterampilan proses sains, maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil validasi bahan ajar  memperoleh nilai rata-rata dalam kategori valid 2). Kepraktisan bahan yang berdasarkan keterlaksaan rencana pelaksanaan pembelejaran  memperoleh kategori sangat praktis 3). Efefektivitas bahan ajar  yang berdasarkan tes hasil belajar memperoleh kategori sedang 4). Pencapaian keterampilan proses sains berkategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini bahwa bahan ajar fisika materi fluida statis menggunakan model quantum teaching untuk melatih keterampilan proses sains layak digunakan pada pembelajaran.

 

Kata Kunci: Bahan ajar,Keterampilan Proses Sains,Quantum Teaching.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI