DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DENGAN PERMAINAN GIRING BOLA PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:Maulida Listiani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-05


ABSTRAK

Maulinda Listiani. 2019. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kerjasama Siswa Dengan Permainan Giring Bola Pada Kelas VIII di SMP Negeri 4. Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd (II) Andri Setiawan, M.Pd.

Kata Kunci : Permainan Giring Bola, Kerjasama Siswa

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kerjasama siswa sebelum dan sesudah diberikannya permainan giring boladalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan permainan giring boladalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerjasama pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan True Eksperimen Design dengan menggunakan bentuk Randomized Pretest- Posttest Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bahan perlakuan berupa “Panduan Umum dan Pedoman Khusus Permainan Giring Bolauntuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Kelas VIII di SMP Negeri 4 Banjarmasin” dan instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran kerjasama siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus uji T-test menunjukkan bahwa  >  (7,427 > 2.446 dengan taraf kepercayaan 94%). Dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbedaan tingkat kerjasama siswa sebelumdan sesudah diberikan permainan giring bola dalam layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan giring bola dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kerjasama siswa yang ditandai dengan meningkatnya skor nilai persentase siswa di kelas VIII di SMP Negeri 4 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI