DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Teknik Extinction Melalui Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Banjarmasin
PENGARANG:REGITA NUR DIAZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-06


Regita Nur Diaz. 2019. Efektivitas Teknik Extinction Melalui Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd.(II) Dr. Nina Permata Sari, S. Psi, M.Pd.

Kata Kunci : Extinction, Konseling Kelompok, Prokrastinasi

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku prokrastinasi akademikpada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Banjarmasin sebelum dan sesudah diberikannya teknik extinction melalui layanan konseling kelompok. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas teknik extinction untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Banjarmasin.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan bentuk Intac group comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang.

            Berdasarkan hasil t-test, menunjukkan bahwa thit > ttab (3,808 > 2,447 dengan probabilitas kesalahan 0.05 atau 5%) dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbedaan tingkat perilaku prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah diberikan teknik extinction melalui layanan konseling kelompok. Maka, teknik extinction melalui layanan konseling kelompok efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI