DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI POLITIK PEMILIH DI KECAMATAN MARABAHAN PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2017
PENGARANG:VINA RAHMATINA AB
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-06


ABSTRAK

Vina Rahmatina AB, D1B115082, 2019 “Partisipasi Politik Pemilih di Kecamatan Marabahan Pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Barito Kuala tahun 2017”, di bawah bimbingan Siti Hamidah dan H. Samahuddin Muharram.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi peningkatan partisipasi pemilih di Kecamatan Marabahan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Barito Kuala tahun 2017.

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data dan teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini dapat dilihat melalui empat faktor. Faktor pertama, dari segi perangsang politik, baik perangsang politik yang berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Kuala, tim pemenangan, serta media massa telah berhasil mendorong peningkatan partisipasi pemilih di Kecamatan Marabahan. Walaupun terobosan KPU seperti Warung Pemilu kurang dikenal oleh masyarakat, namun ternyata pemilih yang hanya mendapatkan perangsang politik yang minim seperti melalui baliho pun tetap memiliki kesadaran untuk memilih. Kedua, dari faktor karakteristik pribadi, peningkatan partisipasi pemilih disebabkan oleh menariknya figur yang berkompetisi dalam pilkada ini. Ketiga, dari faktor karakter sosial, peningkatan partisipasi pemilih ini turut didorong dengan money politics. Keempat, dari faktor situasi atau lingkungan politik, pelaksanaan Pilkada Kabupaten Barito Kuala tahun 2017 berlangsung cukup kondusif. Walaupun terdapat negative campaign, namun hal ini tidak menyurutkan minat pemilih untuk menggunakan suaranya.

Berdasarkan pemaparan di atas, disarankan kepada KPU Kabupaten Barito Kuala, jika di masa yang akan datang kembali menyelenggarakan Warung Pemilu, hendaknya keberadaan Warung Pemilu ini disosialisasikan terlebih dahulu, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang mengunjunginya. Kepada pemilih di Kecamatan Marabahan, agar peningkatan partisipasi ini diikuti pula dengan peningkatan kesadaran politik, sehingga terhindar dari money politics. Kepada pasangan calon dan tim pemenangan, agar tidak melakukan hal-hal yang terlarang seperti money politics dan negative campaign.

 

Kata Kunci: Partisipasi Politik, Pemilih, Pemilihan Kepala Daerah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI